Mengenal 6 Jenis Macam Lampu Kelemahan dan Kelebihanya

Mengenal jenis lampu

Jika kita berbicara lampu, maka ada banyak jenis lampu sampai detik ini yang masih bertahan, dan ada juga jenis lampu yang hadir dengan trobosan baru dengan menyederhanakan penggunaan daya menjadi lebih hemat.

Mengenal jenis lampu sendiri berdasarkan jenisnya ini akan memberikan kita setidaknya pengetahuan lebih dalam memilih mana yang kiranya cocok dengan kebutuhan kita sehingga lebih efisien dari sisi biaya nantinya.

Jenis Jenis Lampu

Penasaran, yuk kita kupas tuntas beberapa jenis lampu dan macam macamnya serta menambahkan sedikit ulasan ringkas mengenai kelemahan dan keunggulanya secara detail.

Lampu Pijar

Yang pertama adalah jenis lampu pijar. Mengenal jenis lampu ini adalah jenis lampu yang sangat lama sekali usianya dan biasa kita temukan di beberapa rumah orang desa yang masih setia menggunakan jenis lampu pijar ini.

Cirinya adalah bentuknya seperti lampu bolam biasa pada umumnya namun cahaya yang dihasilan kuning dengan ada tampak serat berupa kawat kecil pada bagian dalam.

Lampu ini sekarang sudah jarang dijual memang, dan bisa dikatakan dari sisi penggunaan juga hampir sudah musnah karena orang sudah banyak beralih ke lampu LED yang lebih hemat energi dan lebih terang tentu saja.

Lampu Halogen

Mengenal jenis lampu halogen adalah lampu generai terbaru lebih modern dari lampu pijar. Dari sisi peningkatan daya lebih baik dari lampu pijar meskipun ukuran dan modelnya ada yang sama. 

Keunggulan lampu halogen adalah cahaya terang yang konsisten, kemudian bisa menghasilan kualitas cahaya yang sangat baik, dan tersedia juga dengan berbagai warna cahaya tidak hanya putih saja.

Lampu halogen ini hadir dengan kelebihan dalam hal efisiensi kualitas terutama daya, kemudian tingkat keterangan cahaya yang sangat tinggi dan tajam ketika dibandingkan dengan jenis lampu yang akan kami bahas pada ulasan berikutnya.

Dari sisi fungsi hampir sama, namun yang membedakanya dengan lampu pijar adalah pada jenis lampu halogen ini bekas panas yang dihasilkan tidak menimbulkan bekas, beda jauh dengan lampu pijar bisa membuat areanya menjadi hitam.

Dalam kasus ini sudah jelas lampu halogen lebih unggul dari jenis lampu pijar manapun.

Lampu halogen digunakan dalam berbagai kebutuhan, baik sekalar rumahan sampai dengan sekala yang lebih luas lagi.

Sampai pada penggunaan pada beberapa jenis lampu pada kendaraan dari motor dan mobil saat ini masih menggunakan lampu jenis hologen.

Coba anda cek lampu utama mobil anda, kemudian lampu sen semuanya menggunakan jenis lampu halogen sudah jelas fungsi dan kualitasnya sangat jauh apabila di compare dengan yang pertama.

Kemudian jika anda sering melihat orang sedang memotret di dalam ruangan dengan penataan lampu yang banyak, nah mereka menggunakan jenis lampu ini sudah paham sampai disini ?

Lampu Neon

Mengenal jenis lampu Neon ini adalah jenis lampu yang sangat sering kita temukan, dimana dari sisi kegunaan sendiri paling banyak digunakan untuk menerangi bangunan dan tempat luas seperti gudang, kemudian lapangan bulu tangkis sampai dengan untuk hiasan.

Dari sisi penggunaan energi listrik sudah hampir sama dengan hologen, lebih irit dan mengahasilan output sinar yang sangat terang.

Keunggulan lampu neon

  • Cahaya sangat terang sesuai dengan besar wattnya
  • Dibandingkan dengan lampu pijar, ini memberikan efek cahaya yang sama, tetapi mengkonsumsi energi 4-5 kali lebih sedikit.
  • Memiliki suhu bohlam rendah.

Kekurangan lampu neon :

Karena mengandung merkuri, banyak lampu neon yang diklasifikasikan sebagai limbah berbahaya.

Lampu neon tidak di anjurkan dalam penggunaan suhu yang dingin

Kemudian kalau sudah mau mati akan sering kedap kedip dan ini kalau tidak segera dicabut akan merusak pandangan anda.

Lampu Hemat Energi

Nah kemudian sekarang sudah banyak kita temukan salah satu jenis lampu yang dinamakan dengan lampu hemat engeri.

Dibuat dengan teknologi lebih baik dari pendahulunya dari sisi penggunaan energi tentulah sangat irit sekali ini yang menjadi keunggulan utama lampu ini.

Teknologi yang ada pada lampu ini berupa adanya unit elektronik yang menyediakan pengapian dan pembakaran lampu lebih lanjut. 

Berkat teknologi ini, lampu hemat energi menyala tanpa berkedip kalau sudah mau habis energinya maka akan mati secara sendiri.

Lampu hemat energi inilah yang sering kita gunakan pada sekala rumahan saat ini, dimana kalau anda membeli di toko listrik misalkan akan ada dua pilihan dengan harga yang murah tapi tanpa garnsi, sedangkan harga mahal biasanya garansi 1 tahun.

Kelebihan

  • Jumlah konsumsi listrik lampu ini sangat hemat
  • Masa pakai lampu 6-15 kali lebih lama daripada lampu pijar konvensional dan tergantung pada jenisnya juga.
  • Menghemat bajed dalam pembelian lampu karena umur pemakaian yang lama

Kekurangan

  • Kelemahanya adalah harganya yang lumayan tinggi, tetapi masa pakai yang lama dan konsumsi daya yang rendah mengimbangi kelemahan ini.
  • Kandungan racun dari lampu hemat energi membutuhkan penanganan yang sangat hati-hati. 

Lampu semacam itu tidak bisa begitu saja dibuang ke tempat sampah umum, dan ini jarang sekali memang di sadari oleh kebanyakan orang.

Lampu LED

Kecanggihan teknologi dalam lampu terbukti sudah mencapai batas yang sangat tinggi dengan kehadiran lampu LED ini.

Dari sisi keunggulan sendiri sangat banyak memang dan bisa dikatakan LED adalah salah satu lampu paling unggul dibandingkan dengan yang lainya dan untuk penggunaan sangat multifungsi dengan berbagai jenis dan ukuran yang beragam.

Kelebihan lampu led

  • LED 4-7 kali lebih efisien daripada lampu pijar konvensional atau lampu halogen.
  • LED memiliki umur penggunaan sangat lama tergantung dengan jenisnya juga
  • LED mampu menerangi area 5-10 kali lebih banyak daripada jenis lampu lainya
  • LED dari sisi harga lebih mahal, tetapi lebih murah secara keseluruhan karena irit dan tahan lama

Lampu LED dapat digunakan untuk pencahayaan lanskep, pencahayaan interior, anda dapat memasangnya di tembok, atau dinding. 

Kemudian juga digunakan untuk marka jalan dan penerangan, tempat parkir mobil dan tempat-tempat di mana penggantian yang intenstitas nya tinggi, juga menggunakan LED misalkan lampu akuarium dan kolam renang.

Lampu ini juga sangat familiar dalam menghiasi sebuah rumah dengan pencahayaan lighting yang memukau, anda tau lampu downlight, kemudian lampu jalar nah ini adalah sebagain kecil dari jenis LED yang banyak digunakan dalam desain interior.

Lampu tenaga matahari atau solar cell

Ini juga salah satu lampu dengan teknologi terbaik dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai dayanya.

Lampu jenis ini banyak digunakan di taman rumah dan yang menjualnya juga sangat banyak sekali memang namun kendati demikian lampu ini kekuranganya adalah sinarnya tidak akan begitu terang.

Jikapun anda ingin sinar yang sangat terang, maka harganya sangatlah mahal. Kemudian kelemahan lain pada solar cell adalah kalau rusak maka tidak bisa anda perbaiki.

Kelebihanya sudah jelas anda tidak lagi memikirkan mengeluarkan uang untuk membayar listrik karena daya yang digunakan free dari serapan sinar matahari.

Jadi, setelah membandingkan semua jenis lampu baik dari sisi kekurangan dan kelebihanya ini sekarang anda bisa menentukan mau menggunakan jenis lampu yang mana untuk ruman anda.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Main Menu