3 Tips Penting Memilih Kasur yang Berkualitas

3 Tips Penting Memilih Kasur yang Berkualitas

Salah satu prabotan rumah yang sangat penting fungsinya sebagai tempat melepas penat setelah melakukan banyak aktifitas di luar adalah kasur.

Indikasi kasur yang nyaman sebenarnya simple, yang pertama adalah bisa membuat anda tertidur dengan lelap.

Kalau kita berpatokan pada empuknya kasur maka banyak juga orang diluar sana yang tidak bisa tidur dengan lelap pada kasur jenis ini misalkan kasur hotel.

Sederhananya, kasur terbaik adalah kasur yang bisa membuat anda nyaman.

Dari sisi bahan juga sama saja, tidak ada patokan yang ideal. Maka dari itu, yang pertama harus anda jadikan inti dalam memilih kasur adalah faktor habit atau kebiasaan selain rasa nyaman.

Secara umum saat ini ada beberapa ukuran kasur yang bisa anda gunakan untuk melengkapi kebutuhan kamar utama, atau kamar anak, bahkan sampai kamar tamu dan pembantu.

Kami akan share juga sedikit ulasan ringkas jenis-jenis kasur yang ada saat ini sampai dengan tips memilih kasur yang memiliki kualitas terbaik dan tahan lama.

Ukuran kasur

Yang pertama adalah ukuran kasur paling besar atau yang dikenal dengan istilang king bed. Dimana normalnya ukuran dari panjang 2 meter dan lebar 180cm.

Kasur ini dari sisi penempatan idealnya digunakan pada kamar tidur utama, kemudian bisa juga pada kamar tidur tamu.

Kemudian ada ukuran yang kedua lebih kecil atau dikenal dengan istilah single bed, biasanya jenis kasur ini digunakan untuk kamar tidur anak dengan ukuran standar panjang 180cm dan lebar 120cm.

Jikapun anda ingin menggunakan ukuran lain maka bisa saja sebenarnya, beberapa toko furniture saat ini juga menyediakan ukuran yang lebih besar sesuai dengan permintaan konsumen atau anda bisa dapatkan dengan cara kostum.

Jenis-jenis kasur

Sekarang kita coba bahas beberapa jenis kasur yang saat ini populer masih digunakan di Indonesia sampai luar negeri.

Jenisnya ini, akan memberikan perbedaan pada bahan dasar pembuatanya apakah menggunakan busa spon, kemudian bahan kapuk atau kasur angin coba kita bahas lebih ringkas lagi.

Kasur pegas

Yang pertama adalah kasur pegas, kasur ini dari sisi tingkatan harga bisa diktakan paling mahal dari yang lain.

Kasur ini dari bahan dasar sendiri menggabungkan beberapa material yang pertama adalah pegas, kemudian yang kedua adalah tumpukan busa dengan kualitas terbaik.

Jenis kasur ini cocok kalian gunakan bagi yang suka dengan tekstur empuk dan kenyal.

Dalam beberapa hunian mewah kasur ini sering digunakan meskipun saat ini pesaingnya dari kasur angin mulai populer juga.

Kasur pegas yang berkualitas mudah anda cek, dimana ketika anda gunakan beberapa bulan tidak mengeluarkan bunyi pegas seperti bunyi ngik—ngikk misalkan, namun tetap senyap dan permukaanya tidak kempes.

Kondisi ini hanya bisa anda cek ketika sudah menggunakanya beberapa bulan meskipun anda gunakan berdua dengan pasangan.

Harga kasur pegas bermacam macam, kemudian ukuranya juga tersedia dengan ukuran besar dan kecil.

Dari sisi harga tergantung kualitas dan merek sebenarnya.

Harga dengan kualitas standar kisaran 3 jutaan sudah bagus, namun kalau kualitas mewah bisa sampai puluhan juta coba anda cek salah satunya harga kasur king koil bisa tembus sampai 50an juta.

Kelebihan kasur pegas

  • Tahan lama dan awet
  • Desain lebih modern elegan dan mewah
  • Model yang tersedia sangat banyak
  • Pariasi harga beragam

Kekurangan kasur pegas

  • Kualitas pegas yang digunakan tidak bisa dicek apakah bagus atau tidak
  • Kalau rusak akan susah dibenerin
  • Dari sisi harga lebih mahal dibandingkan dengan jenis kasur lainya

Kasur busa

\Kemudian yang kedua kami rekomendasikan anda mencoba jenis kasur yang sangat umum sekali dan mudah ditemukan di toko mebel manapun.

Kasur busa ini dijual dengan harga yang sangat berpariasi sekali, dari ukuran yang paling kecil misalkan anda bisa membelinya dengan harga ratusan ribu saja.

Sedangkan ukuran lebih besar harganya bisa sampai 1 jutaan tergantung juga dengan kualitas busa yang digunakan dan mereknya.

Kelemahan kasur busa

  • Tidak bisa dicek kualitas busa secara langsung. Ini akan sangat susah sekali anda lakukan pengecekan apakah busanya bisa tahan lama atau tidak, dimana dalam kondisi baru busa akan semuanya dalam kondisi kencang.
  • Sekali kempes tidak bisa di kembalikan dalam posisi awal. Inilah yang menjadi kelemahan mendasar kasur busa secara umum, anda tentu sering melihat kasur busa yang digunakan hanya beberapa bulan kemudian pada bagian tengahnya sudah kempes.

Kelebihan kasur busa

  • Harga relatif murah dan terjangkau
  • Beratnya sangan ringan jadi enak dipindah kapan saja
  • Kalau terkena pipis dan air gampang di jemur
  • Penggantian sarung pada kasur busa sangat mudah dan banyak yang menjual jika suatu saat busa dalam kondisi masih baik dan anda ingin mengganti sarungnya

Kasur angin

Di urutan ke tiga ada jenis kasur yang sudah mulai populer sekali sekarang ini hadir dengan berbagai ukuran dan sangat simple bisa anda bawa kemana mana.

Dari sisi kekuatan memang sangat rentan sekali kasur angin mengalami kerusakan dimana pada bagian pintil angin terkadang bocor, namun bisa juga ditambal dengan baik. Kasur ini menjadi primadona saat ini dan banyak dipilih daripada kasur busa

Kelebihan kasur angin

  • Simple, bisa dimasukan ke dalam tas dengan ukuran yang sangat kecil
  • Mudah dalam hal perawatan dimana jika tidak digunakan maka bisa dikempesin dan disimpan ditempat yang aman
  • Modelnya sangat beragam dari harga termurah ratusan ribu sampai puluhan juta juga ada

Kekurangan kasur angin

  • Kurang empuk dan memberikan efek pantul yang baik, ini tidak bisa menyaingi apa yang ada pada kasur pegas
  • Mudah sekali rusak, terutama pada bagian pintil pompa sampai dengan kondisi sobek dan bolong pada permukaan atas dan bawah

Kasur kapuk

Di urutan terakhir kami merekomendasikan anda menggunakan kasur legendaris ini. Kasur kapuk dari sisi usia paling tua keberadaanya dibandingkan kasur yang lainya.

Semenjak ada pohon kapuk, maka saat itulah kasur kapuk mulai menjadi alas tidur paling nyaman pada masanya.

Dan sampai saat ini pengguna kasur kapuk juga masih banyak sekali terutama di daerah pedesaan yang tidak ingin move on ke kasur busa, bisa jadi karena kasur kapuk yang mereka miliki masih dalam kondisi layak pakai.

Kelebihan kasur kapuk

  • Harganya paling murah dibandingkan dengan yang lainya
  • Proses perawatan gampang, kalau kasur kempes anda tinggal jemur maka akan kembali ke posisi semual

Kekuranan kasur kapuk

  • Cendrung memiliki tekstur keras, jadi bagi anda yang terbiasa tidur pada kasur busa atau pegas dan kemudian menggunakan kasur kapuk bisa jadi badan anda akan pegal-pegal.
  • Desain kurang menarik

Kira-kira dari ke empat kasur diatas mungkin bisa dikatakan saat ini pengguna kasur pegas, kasur busa dan kasur angin memiliki rating pengguna tertinggi dibandingkan kasur kapuk.

Tips memilih kasur

Jika anda ingin mendaptak kasur yang berkualitas maka beberapa tips sederhana ini bisa anda coba.

Pengecekan manual

Bagaimana caranya, ini berlaku untuk jenis kasur busa dan pegas. Pada kasur pegas biasanya tidak boleh dinaikin entah karena alasan takut rusak salah satunya karena anda tidak ada jaminan untuk membeli bisa jadi hanya melihat.

Ini terkadang membuat kesulitan dalam mengetahui kulitas pegas dan ketebalan busa yang digunakan.

Maka cara sederhana adalah gunakan tangan anda, tekan yang kuat tahan selama 1 menit saja dan perhatikan pantulanya kalau pantulanya keras maka pegasnya jelek dan sebaliknya kalau daya pantulnya lemah maka pegasnya bagus.

Untuk busa sendiri bisa anda kira-kira kasur tersebut menggunakan jenis busa yang tebal atau tidak dengan cara yang serupa. Berikut Tips Memilih Kasur

Perhatikan bagian jahitan pinggir kasur

Terkadang dalam kasur pegas dan busa yang sering sobek bagian pinggirnya karena menggunakan kualitas benang sampai jenis jahitan yang kurang kuat.

Anda bisa cek ini secara manual dengan cara menarik bagian pinggir dan perhatikan perubahan apa yang terjadi pada bagian benang apakah rada melar atau tetap bertahan. Kalau melar bisa dipastikan jahitan dan benang yang digunakan kurang bagus.

Beli kasur yang ada masa garansinya

Ini cara terakhir memang jika anda tidak ingin ribet, kasur dengan merk ternama tidak segan memberikan garansi sampai dengan 5 – 10 tahun. Pilih yang paling lama mamberikan garansi meskipun harganya lebih mahal.

inilah 3 Tips Penting Memilih Kasur yang Berkualitas yang direkomendasikan dari kami. untuk menunjang kenyamanan tidur anda dan membuat anda segar dalam beraktivitas di pagi hari

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Main Menu