Sejarah Seni Ukir kayu, Alat dan Cara Mengukir Kayu Berkualitas Tinggi

Ukir Kayu

Furniture saat ini banyak sekali modelnya, jika anda ingin kesan minimalis maka bisa mencari furniture buatan pabrikan atau di mebel juga banyak dengan tampilan yang lebih simple dan elegan.

Sedangkan beberapa orang banyak juga yang sangat menggemari furniture dengan nuansa klasik dan unik.

Salah satu ciri khas dari furniture klasik ini adalah pada bagian permukaan tampilan akan cendurung menggunakan ukira ukiran, dari pola abstrak, hewan, sampai dengan tumbuhan dan lainya.

Di Indonesia banyak kita menemukan sebuah furniture dengan tingkat ukiran yang berkualitas tinggi, di kerjakan dalam proses yang rumit dan hasilnya sangat limited sekali.

Maka tidak heran beberapa produk furniture dengan ukiran ini dari sisi harga akan lebih mahal dari yang biasa saja.

Ukiran pada furniture sangat sering kita temukan pada bagian pintu depan rumah modern dan klasik.

Kemudian pada prabotan seperti sofa, sampai dengan meja hias. Ada yang ukiranya sederhana dan tampak biasa aja, dan ada juga lebih klasik dan antik.

Ukir Kayu
Ukir Kayu

Seni ukir kayu

Seni ukir kayu dari sejarahnya sudah ada sejak jaman dulu. Banyak peninggalan bersejarah yang memberikan pesan jika seni ukir sangat populer dari jaman nenek moyang kita waktu itu.

Peninggalan berupa ukiran di dinding, kemudian bangunan sampai dengan prabotan kerajaan dan rumah serta bangunan tua menandakan bukti nyata jika seni ukir adalah sebuah karya seni yang sangat universal.

Pada jaman modern ini seni ukir masih tetap eksis dengan peradaban yang lebih baru. Corak ukiran tempo dulu menjadi sangat bernilai karena dari sisi peniruan yang sama akan sangat susah dilakukan.

Seni ukir jaman modern adalah seni ukir yang berkembang sesuai dengan permintaan pasar dan mode.

Namun yang paling menonjol saat ini adalah dan masih bertahan yaitu seni ukir pada kayu.

Ukiran furniture kayu ini banyak sekali tempat pengaplikasianya mulai dari pintu ukir, kemudian kepala ranjang ukir, ukiran lemari hias, kursi, dan beberapa furniture kecil lainya.

Dari sisi harga tentu saja seni ukir memiliki nilai yang tinggi dibandingkan dengan gaya furniture polosan.

Karena dari sisi pembuatan akan sangat lama, dan tidak semua jenis kayu bisa diukir dengan baik dan salah satu kayu yang sangat familiar menjadi media ukir adalah kayu jati.

Alat ukir kayu

Ukir Kayu
Ukir Kayu

Seorang yang ingin mencoba melakukan ukiran pada kayu selain harus paham caranya tentu juga harus di dukung oleh peralatan yang memadai.

Alat ukir kayu ini ada banyak sekali jenisnya sesuai dengan tingkat kesulitan model ukiran. Semakin detail, maka akan semakin lama prosesnya dan harganya juga tentu lebih mahal.

Secara umum ada beberapa perlatan khusus yang digunakan dalam proses ukir kayu dimana terbagi menjadi dua ada alat tradisional dan modern.

Kita coba bahas yang tradisional dulu dimana ini digunakan dengan cara manual.

Pemahat Kayu

Pahat kayu ini sendiri banyak sekali jenis, ukuran dan fungsinya yang berbeda.

Misalkan saja ada jenis pahat lurus ini fungsinya sebagai pembentuk ukiran relief, kemudian ada pahat kusen untuk ukuran yang miring, kemudian ada jenis pahat setengah lingkaran ini digunakan untuk membentuk pola bunga dan lain sebagainya.

Sedangkan yang banyak digunakan di Indonesia jenis pahat dengan ukuran 1 sampai dengan 4 cm. Harga 1 paket masih sangat murah sekitar 110 ribu saja anda sudah bisa mendapatkan 4 buah alat pemahat kayu.

Pisau Pahat

Sebagai perkakas yang diperlukan, pisau untuk ukiran kayu harus berkualitas tinggi dan kuat serta istimewa. Pisau pahat yang bagus terbuat dari bahan baja yang baik dan nyaman yang pas di tangan.

Beberapa jenis pisau yang sering digunakan untuk memahat antara lain:

Pisau khusus yang digunakan untuk memotong. Di antara semua jenis pisau, pemotong adalah yang paling umum digunakan. Pengukir melakukan sebagian besar pekerjaan dengan menggunakan pisau ini.

Kemudian ada jenis pisau lainya dimana ini khusus digunakan dalam mengukir dengan hasil yang sangat baik mulai dari ketepatan sudut ukir, sampai dengan pembuatan garis dalam sebuah ukiran.

Bor untuk Memahat Ukir Kayu

Setiap alat memiliki fumgsinya sendiri, dan hasil yang diperoleh juga tidak sama termasuk dalam penggunaa bor ini.

Terkadang pemahat menghadapi tugas yang hanya dapat diselesaikan dengan menggunakan teknik khusus, sedangkan alat biasa tidak dapat difungsikan dalam proses tersebut.

Contoh alat yang hasilnya khusus adalah bor untuk ukiran ini. Ini digunakan pada tahap awal dalam pemrosesan kayu keras dan dalam proses finishing untuk pemolesan, terutama di bagian sudut yang sulit dijangkau.

Setelah diproses dengan bor, kayu menjadi sangat halus sehingga dapat dengan mudah dikerjakan dari semua sudut lekukan dan garis rumit pada pahatan.

Cara ukir kayu

Ukir Kayu
Ukir Kayu

Secara sederhana proses mengukir atau memahat kayu ini dilakukan dengan cara yang standar jika anda sering melihat orang melakukan proses ukiran kayu dalam semua jenis furniture.

Persiapan alat

Ini yang menjadi langkah pertama proses pengukiran, dimana perlengakapan ukir harus siap dulu di dekat anda.

Persiapan media ukir

Media ukir ini sendiri bisa berupa sebindang kayu datang dengan tekstur rata yang nantinya akan di ukir oleh pengukir yang dimana penuh dengan kehati-hatian.

Contoh hasil ukiran

Mungkin sebagaian pemahat kayu untuk furniture rumahan akan membutuhkan sebuah contoh, nah dengan adanya contoh maka akan dilakukan proses sketsa sederhana pada bagian kayu kemudian dilakukan proses pengukiran.

Lama proses pengukiran tergantung dari ukuran, kemudian kerumitan sampai dengan skill tukang ukir itu sendiri.

Proses finishing Ukir Kayu

Dalam proses finishing ini lebih ke sisi penghalusan akhir dari hasil ukiran yang sudah jadi, mulai dari menghaluskan, meratakan sampai dengan memberi cat jika dibutuhkan.

Itulah kiranya 4 langkah sederhana dalam proses ukir kayu yang saat ini banyak digunakan.

Sedangkan dalam proses ukiran modern yang dibantu oleh mesin maka hasilnya juga bagus dan tentu saja prosesnya sangat cepat.

Namun meskipun demikian dalam hal finisihing akhir tetap saja menggunakan cara manual, karena banyak sudut dalam ukiran kecil dan tidak terjangkau misalkan hanya bisa dilakukan dengan cara ukir manual.

Kesimpulan:

Seni ukir kayu sendiri sudah ada sejak jaman romawi kuno, perdaban dunia sudah sejak dulu mengenal seni ukir yang awalnya diaplikasikan dalam relif atau dinding bangunan, kemudian berkembang ke pahat patung sampai dengan pembuatan furniture.

Furniture ukiran terpopuler bisa anda temukan dalam banyak jenis barang jadi seperti pada lemari ukir khas jepara, kemudian kursi tamu ukir, sampai dengan ranjang ukir dengan berbagai macam model ukiran yang sangat unik dan khas.

Kemudian seni ukiran juga kerap kita temukan digunakan dalam menghiasi mimbar masjid tempat khutbah anda bisa cek, dan satu lagi jam hias yang harnya sampai puluhan juta kebanyakan dibumbui dengan ukiran yang menarik.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Main Menu