Jenis Kayu Jati ( Sifat, Kelebihan dan Kekurangannya )

Kayu Jati

Kepopuleran kayu jati menjadi salah satu bahan dasar dalam pembuatan furniture dari dulu sampai sekarang tetap berada pada urutan pertama dari sisi kualitas dan hasil akhir.

Dari sisi kekuatan sampai sekarang tetap menjadi nomer satu dibandingkan jenis kayu lainya. Dari sisi harga juga memang bisa dikatakan lumayan mahal.

Jati tidak hanya terkenal di Indonesia saja, sejak jaman penjajahan dan lebih lama dari itu jati sudah lama terkenal di benua eropa terutama dalam bahan pembuatan kapal, kemudian istana para raja dan tentu saja prabotan rumah mewah.

Kayu Jati

Kayu Jati
Kayu Jati

Dari sisi persebaran kayu jati paling banyak tumbuh di daerah jawa tengah dan jawa timur.

Persebaran pohon jati terutama berada di daerah jepara, kemudian gunung muria dan sampai sekarang jati menjadi salah satu pohon yang di lindungi oleh pemerintah pusat saking terkenal dan banyak orang yang memburu jati ini.

Usia jati yang sudah siap menjadi bahan furniture juga bermacam-macam, secara alami jati hutan akan di panen setelah usianya mencapai 50 tahun.

Kualitas mutu jati dengan usia setengah abad ini tidak bisa dirgukan lagi dan saking kuatnya digunakan dalam membuat dek kapal sampai pada bagian rel kreta api juga.

Kayu jati selain tahan rayap, kemudian suhu dan cuaca ekstrim model kayu ini memiliki minyak yang tidak ada pada jenis lain.

Minyak inilah yang selalu melindungi jati dari rayap, kemudian serangan cuaca dingin dan panas sehingga tahan selama ratusan tahun.

Sedangkan se iring dengan meningkatnya permintaan ini, kemudian pemerintah melakukan trobosan baru dimana pada masa panen ada yang dimajukan menjadi 20 sampai dengan 30 tahun.

Kondisi panen lebih cepat ini memang tuntutan dari produksi dan impor juga yang semakin hari semakin naik jumlahnya.

Jenis-Jenis Kayu Jati

Kayu Jati
Kayu Jati

Setelah kita bahas sekilas mengenai seluk beluk kayu jati, tidak ada salahnya juga kita tahu beberapa pemabagian yang ada di Indonesia sampai saat ini sehingga lebih menambah pengetahuan anda.

Kayu jati sendiri terbagi menjadi tiga jenis di antaranya:

Kayu Jati Perhutani

Yang pertama adalah kayu jati perhutani atau yang familiar disingkat dengan TPK. Kayu ini ini dikelola khusus oleh kementrian perhutanan dimana dari sisi kualits bisa dikatakan paling bagus dari jenis lainya.

Dalam proses penananman, kemudian proses perawatan, sampai dengan panen kayu TPK ini sudah mendapatkan perawatan spesial langsung dibawah kementrian perhutani dan kebanyakan hasil panen akan di impor sebagai penambah devis negara.

Usia panen kayu perhutani sendiri bermacam macam sesaui dengan gradenya, ada grade paling tinggi dimana masa panen paling lama tentu kualitas dan harga sudah paling terbaik.

Kemudian kualitas medium masa panen sekitar 50an tahun dan kualitas paling bawah masa panen 20 tahun.

Kayu Jati Emas

Kemudian jenis yang kedua ada namanya jati emas. Jati emas ini sendiri bisa kita temukan dalam hutan yang dikelola secara personal atau dibawah naungan kelompok atau PT.

Dari sisi kualitas masih jauh dibanding milik perhutani, karena kebanyakan kayu jati emas lebih di peruntukan dalam pembuatan mebel sekala rumahan dan hotel sehingga dalam hal masa panen lebih cepat maksimal 10 tahun sudah bisa dipanen.

Dari sisi kekuatan bagaimana ? tetap sama saja dengan yang usianya ratusan tahun yang membedakan biasanya dari seratnya.

Kayu Jati Rakyat

Kemudian jenis yang terakhir dinamakan yakni kayu jati rakyat. Kualitas sendiri paling rendah, dalam proses pertumbuhan terkadang banyak ditemukan dalam kondisi kurang lurus dan agak sedikit bengkok.

Masa panen juga tergolong cepat 5 tahun sudah bisa panen, dan kebanyakan digunakan dalam pembuatan furniture seperti kursi, ranjang dan lain sebagainya harganya  juga sangat terjangkau memang namun kekuatan sama saja.

Sifat Kayu Jati

Kayu Jati
Kayu Jati

Ketika anda paham jenis, kemudian juga sifat dan ciri jati asli maka tentu saja akan memudahkan anda dalam mengenali jati dimana saja ketika sudah terbentuk menjadi furniture.

Secara sederhana beberapa sifat jati dibawah ini bisa kami sajikan kepada anda sebagai penambah refrensi anda mengenai jati lebih luas lagi.

  • Yang pertama dari sisi batang secara keseluruhan akan terlihat kokoh dan kuat.
  • Tahan puluhan bahkan ratusan tahun dari serangan rayap sehingga jati aman digunakan untuk furniture luar ruangan tanpa atas sekalipun
  • Anda bisa cek sifat lain juga pada bagian seratnya yang sangat indah dan tidak ada pada jenis kayu lainya
  • Kemudian dari sisi warna dominan coklat muda sampai dengan coklat tua sesuai dengan usia jati semakin tua maka warnanya akan semakin gelap
  • Meskipun kuat dan keras, jati kalau sudah kena geregaji dan alat ukir akan sangat mudah dibentuk
  • Warnanya tidak akan pudar meskipun anda jemur sepanjang tahun kena panas dan air akan tetap sama
  • Dan yang terakhir dari sisi berat, jati asli memiliki bobot lebih berat dari jenis kayu manapun.

Serat kayu jati

Pada bagian semua jenis kayu yang digunakan dalam industri mebel sekarang ini memiliki ciri tersendiri terutama sangat mudah dikenali dari seratnya. Kayu jati ini dari sisi serat akan sangat berbeda dengan kayu lainya seperti mahoni misalkan.

Serat jati lebih rapat, kemudian polanya juga beraturan lurus.

Bagi anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia kayu akan sangat mudah mengenalinya kemudian juga anda bisa cek dengan melakukan ketukan pada bagian kayu, kalau suaranya kedap dan terkesan keras maka bisa ini adalah asli.

Keunggulan Kayu Jati

Banyak sekali keunggulan jati dibandingkan dengan jenis kayu lain, secara tampilan luar kayu jati adalah satu satunya kayu di dunia yang memiliki serat sangat halus.

Kelebihan lainya kemudian sudah ada kandungan minyak dalam setiap lapisan kayu ini yang membuat tahan rayap dan paku yang nempel di kayu tidak akan karatan.

Kemudian dari sisi kekuatan tentu sudah tidak diragukan lagi, kalau ada yang bisa bertahan dengan hempasan ombak, kemudian suhu laut dan trik panas selama ratusan tahun maka mau membuktikan dari sisi mana lagi kalau kekuatan jati ini sudah tidak terbantahkan.

Selain itu jati juga unggul dalam hal tekstur, dimana pengrajin mebel di Indonesia khsusnya sampai sekarang masih banyak yang memproduksi jati ukir yang biasa untuk lemari, pintu dan meja.

Dalam posisi ini pohon ini adalah salah satu yang kuat, tahan lama tapi mudah dibentuk.

Tekstur jati keras, kemudian jika anda membeli jati dalam satu pohon utuh misalkan kalau menemukan ada bagian yang melengkung sedikit saja bisa dipastikan itu bukan jati.

Karena jati asli semuda apapun usianya tekstur nya akan tetap keras dan susah bengkok.

Keunggulan lain mungkin bisa kita temukan dari sisi harga, harga furniture dari bahan jati ini sendiri tidak pernah turun akan cendurung naik.

Terkadang banyak juga orang yang berinvestasi di jati ini karena mereka paham akan kualitas dan harganya yang tidak pernah jatuh.

Kekurangan Kayu Jati

Hampir tidak ada kekurangan dalam kayu ini jika kita tinjau dari segi manapun karena semua standar kepuasan dan keindahan dalam pembuatan furniture bergaya apapun kayu ini tetap menjadi dengan kualitas terbaik.

Mungkin kekuranganya adalah dari sisi harga saja, karena tidak semua orang akan bisa memiliki banyak prabotan rumah dari kayu asli karena harganya yang mahal.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Main Menu